Roy Arman Arfandy, CEO Eurokars Motor Indonesia./Pengendara.com
PT Denka Pratama

Pengendara.com—Setelah lebih dari 25 tahun bergerak di industri perbankan, Roy Arman Arfandy menerima tawaran untuk memimpin PT Eurokars Motor Indonesia (EMI). “Tahun 2016 saya ditawari Eurokars yang mendapat penunjukkan sebagai Agen Pemegang Merek Mazda di Indonesia. Saya langsung set-up bisnis untuk Mazda, mulai dari model, importasi, pembiayaan, dan lainnya,” kata Chief Executive Officer (CEO) PT EMI Roy Arman Arfandy yang ditemui Pengendara.com dalam acara Mazda Power Drive 2018 di di kawasan Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta Selatan pada Sabtu 20 Oktober 2018.

Di bawah naungan PT EMI, Mazda menunjukkan komitmennya dalam berbisnis di Indonesia. Beberapa langkah strategis telah dilakukan merek mobil asal Jepang ini. Mulai dari pembangunan kantor pusat baru hingga menggelar berbagai kampanye pemasaran dan peluncuran produk baru.

Roy mengaku senang melihat perkembangan Mazda di Indonesia saat ini. Sejak pengambilalihan distributorship dari Mazda Motor Corporation pada 2017, dia bekerja keras untuk Mazda, dari pilihan produk sampai ke jaringan distribusinya.

Hasilnya dapat terlihat dalam pencapaian penjualan retail pada kuartal pertama tahun 2018, Mazda berhasil membukukan penjualan retail sebanyak 1.437 unit, dibanding 444 unit pada periode yang sama di tahun 2017. Terbukti, di tangan Roy, Mazda memperoleh kenaikan penjualan retail sebesar 223,6% dibanding tahun sebelumnya di Indonesia.

Pencapaian ini merupakan persentase peningkatan yang terbesar dibandingkan dengan merk otomotif lainnya. Roy terus mengimplementasikan beragam program, strategi, dan layanan prima untuk meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap Mazda. Di antaranya, menyelenggarakan event Mazda Power Drive setiap tahunnya.

“Mazda Power Drive merupakan kesempatan yang baik bagi konsumen dan calon konsumen Mazda untuk menguji, merasakan, dan membuktikan secara langsung keunggulan mobil-mobil Mazda yang dipasarkan di Indonesia,” kata Roy.

Mazda Power Drive adalah event tahunan yang memberikan kesempatan kepada seluruh pecinta dan penggemar mobil Mazda di Tanah Air untuk mencoba seluruh line-up Mazda terbaru melalui sesi test drive. Sebanyak 21 unit Mazda dari berbagai model dapat dicoba oleh calon pelanggan, media, dan masyarakat luas.

Dalam kesempatan ini, EMI juga menampilkan dua model Premium yang telah mengalami penyegaran yakni, SUV The All New Mazda CX-9 dan Roadster Mazda MX-5. “Ketika pertama kali menangani Mazda, terus terang saya langsung belajar mengenai mobilnya, produk dan modelnya. Saya sendiri suka tipe SUV (Sport Utility Vehichle). Favorit saya adalah CX-9 dan CX-5. Untuk mobil keluarga saya rekomendasikan CX-5, sedangkan untuk kemewahan CX-9,” kata Roy yang membawa fokus Mazda pada premium brand. Sekarang sudah ada The All New CX-9, Mazda6 Estate, Mazda3, dan MX-5 Roadster.

“Mazda adalah mobil yang fun to drive, dan sangat nyaman. Dari waktu ke waktu kami senantiasa meningkatkan kualitas layanan, after sales service, membuat sistem online dan teknologi informasi untuk kemudahan customers. Kami juga memiliki Mazda Club yang memberikan banyak benefit kepada customers, seperti mendapatkan diskon di aneka merchant, dan jaringan stores yang bekerja sama dengan kami,” kata Roy.

Menurut Roy, saat ini Mazda arahnya ke SUV. Jadi, backbone nya CX-5 di Indonesia. Tahun lalu, secara volume Mazda2 nomor 1, sekarang CX-5 sudah nomor 1. “Kami bersyukur rencana berjalan dengan baik sehingga tahun 2018 ini kami bisa lebih fokus untuk bekerja mengembangkan merek Mazda ke arah premium dalam upaya mencapai target yang sudah ditetapkan,” ujar Roy.

Roy turut pula menyampaikan apresiasi kepada media atas kerja sama dalam menyebarluaskan pemberitaan mengenai Mazda selama ini. “Kami berharap dengan kegiatan-kegiatan yang kami lakukan secara berkelanjutan, didukung pemberitaan dari media secara luas, semakin meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap merek Mazda di Indonesia dan menjadikan Mazda sebagai salah satu mobil yang digemari para pencinta otomotif di Indonesia.

Dealer Suzuki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here