The All New Toyota Rush./Pengendara.com
PT Denka Pratama

Pengendara.com—Rush yang diluncurkan PT Toyota Astra Motor (TAM) di The Westin, Jakarta Selatan, kemarin benar-benar tampil baru, All New. Sama sekali tidak meninggalkan jejak Rush lama yang telah mengaspal Indonesia sejak Desember 2016. Lihatlah penampakan luarnya dari foto-foto yang kami sajikan.

Perubahan signifikan bisa kita lihat mulai dari kap mesin, desain lampu utama, grill, bemper, desain samping sampai belakang. New Rush sudah tidak lagi berkonde, karena ban cadangan yang dibaut di bagian belakang kini sudah dipindah ke kolong mobil.

Ciri khas Rush berkonde yang ada sejak pertama kali beredar di negeri ini, punah sudah. Selain itu, interior turut mengalami perubahan desain, mulai dashboard, kursi berlapis kulit, sampai entertainment system.

Presiden Direktur PT TAM Yoshihiro Nakata./Pengendara.com

Presiden Direktur PT TAM Yoshihiro Nakata mengungkapkan, kehadiran Rush terbaru mengakomodasi kebutuhan dan gaya hidup di segmen low Sport Utility Vehicle (SUV).

“Karakter target customers Rush ingin memiliki SUV untuk aktualisasi diri, ingin tampil gaya, namun mudah perawatan, dan bisa muat banyak. Oleh sebab itu, New Rush mengakomodasi 7 seaters, dimensi lebih panjang 230 mm, membuat ruang kabinnya menjadi lebih lega,” kata Nakata kepada Pengendara.com.

Chief Engineer Toyota Eiji Fujibayashi menyebutkan, desain interior New Rush semakin comfortable. Mengakomodasi 7 penumpang, diaplikasikan dengan tujuh sabuk pengaman tiga titik, 7 head rest (artinya true 7 seaters). Kami mencoba duduk, di bangku baris kedua dan baris ketiga, masih terasa lega.

Ban cadangan yang dibaut di bagian belakang kini sudah dipindah ke kolong mobil./Pengendara.com

Kembali ke luar, di bagian belakang, kami perhatikan, sudah tidak ada ban cadangan yang menempel di belakang.

Menurut Fujibayashi, ban serep dipindah ke kolong mobil. Pemindahan ini hasil pengembangan desain, melihat trend yang berkembang, dan keinginan konsumen. Pindahnya ban serep ke bawah ini ternyata menambah panjang dimensi bodi belakang menjadi 230 mm, total panjang 4.435 mm sehingga ruang kabin terasa lebih lega.

New Rush bermesin 2NR-VE sama dengan kode mesin yang dipakai Grand New Avanza./Pengendara.com

Di sektor mesin, Rush generasi sebelumnya bermesin 1.5L, tipe IL4, 16V, DOHC, VVT-i. Sedangkan, New Rush bermesin 2NR-VE, Dual VVT-i, yang katanya lebih bertenaga namun irit bahan bakar (Nanti, kami coba Test Drive). Kode mesin ini sama dengan yang dipakai Grand New Avanza keluaran 2015 yakni 4-silinder, 1.496cc, DOHC, Dual VVT-i.

Untuk tipe TRD Sportivo terasa lebih mewah, dilengkapi DVD AVX dan layar sentuh 7 inch dengan internet, USB, Bluetooth, Ipod/Iphone Connect, Physical Remote, Miracast, Weblink, Support Multitasking dan Smart Phone Remote App.

Tombol pengaturan audio dan telepon terdapat di steer, user friendly. Panel AC digital dengan fungsi otomatis. Entertainment system dengan surround audio 8 speaker memanjakan pengendara dan penumpang sepanjang perjalanan.

Body New Rush, lebih panjang 230 mm dari Rush lama, sehingga ruang kabin semakin lega./Pengendara.com

TAM belum mengumumkan harga New Rush. Alasannya, masih menunggu aturan perpajakan. Konsumen harus sabar menunggu hingga Januari 2018. Namun ancer-ancernya naik Rp3 jutaan dari harga Rush lawas. Walaupun belum ada harga resmi, pemesanan New Rush tetap dapat dilakukan di dealer Toyota terdekat.

Kehadiran New Rush menjadi amunisi bagi Toyota untuk bertempur di segmen low SUV, berhadapan dengan Honda BR-V dan rasanya akan mampu mengalihkan perhatian konsumen dari Mitsubishi Xpander, dari kisaran rentang harga yang tidak terpaut jauh.

 

Dealer Suzuki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here