PT Denka Pratama

Pengendara.com—Selandia Baru merupakan destinasi idaman bagi bikers di seluruh dunia untuk touring. Selain aspalnya mulus abis, pemandangan alamnya terkenal indah dengan panorama pegunungan, danau-danau, perkebunan, hutan, padang rumput hijau, dan kawasan pesisir pantai yang memesona.

Kami rangkum dari penuturan Bro Fred Ferini, Tour Director & Road Captain yang expertise membawa group bikers touring di NZ. Untuk touring di NZ, bagi bikers yang akan menyewa motor besar, terutama Harley-Davidson di dealer, maka yang harus dipersiapkan adalah memiliki SIM lokal Indonesia yang masih berlaku. Ini sekaligus membuktikan identitas sebagai orang Indonesia. Selain SIM Lokal, harus memiliki SIM Internasional, untuk berjaga-jaga bila ada pemeriksaan polisi setempat di perjalanan.

Peraturan lalu-lintas di New Zealand bersifat khas dan berbeda dari negara lain. Intinya, kita harus benar-benar mematuhi seluruh peraturan lalu-lintas yang berlaku, mulai dari tingkat kecepatan, speeding, garis putus-putus, dan garis lurus yang tidak boleh dipotong.

Ada kamera pengintai yang merekam di pasang di titik-titik strategis di jalan. Dendanya lumayan besar sekitar 500-1.000 dolar NZ. Daripada untuk bayar denda, lebih baik untuk belanja cenderamata!

Di New Zealand, kita akan banyak menemui jembatan yang hanya bisa dilalui satu kendaraan secara bergantian. Jadi, harus sabar menunggu. Antre menunggu giliran lewat dengan cara memperhatikan rambu. Kita tidak boleh melanggar, karena kita akan ditabrak mereka. Kalau mereka benar, maka mereka akan menabrak kita.

Oleh sebab itu, pelajari sebelum berangkat peraturan lalu-lintas. Hak dan kewajiban sangat jelas di New Zealand dengan tingkat kedisiplinan yang tinggi. Selain itu, tidak boleh buang sampah sembarangan.

Di sana polisi sedikit, tapi masyarakat di sana bertindak sebagai polisi. Karena bila ada yang tidak terima maka warga masyarakat akan lapor polisi. Dan setiap laporan pasti akan ditindaklanjuti segera oleh polisi.

Bila seluruh peraturan kita taati dengan baik, maka touring akan berlangsung menyenangkan dan berkesan. Have a great tour!

Salam Pengendara!

 

Dealer Suzuki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here