Sparco McLaren SP16+ yang digunakan oleh Bruno Senna, foto istimewa/Pegendara.com.
PT Denka Pratama

Pengendara.com – McLaren sebagai pabrikan mobil sport memang jago dalam membuat mobil yang sangat ringan dan kencang. Selain itu, McLaren juga tim pertama yang mengusung bodi monokok berbahan karbon, pada ajang balap F1 yang dipakai pada mobil seri MP4/1 pada tahun 1980-an.

Hebatnya, teknologi tersebut masih diterapkan pada mobil-mobil produksinya sampai sekarang. Penggunaan bahan karbon ditujukan mengejar bobot mobil yang jauh lebih ringan tapi tetap kuat.

Dan kini pemikiran tersebut tidak hanya ditumpahkan McLaren pada mobil-mobilnya, namun juga pada kostum balap yang akan digunakan para pembalap F1-nya.

Alhasil, kolaborasi McLaren dengan Sparco mampu menciptakan kostum balap super-ringan yang diberi nama Sparco McLaren SP16+. Piranti balap yang akan dikenakan para pembalap McLaren ini diklaim sebagai kostum balap paling ringan yang telah diakui dan disertifikasi oleh FIA.

Salah satunya yang digunakan oleh Bruno Senna yang berukuran 52, yang memiliki tinggi badan 180 cm dan berat badan 69 kg, berat baju ini hanya berkisar 590 gram. Yang hampir setara dengan 1 buah celana jeans, cukup ringan bukan. Meski memiliki bobot ringan dengan fungsinya yang menjaga tubuh sang pembalap saat beraksi, kostum ini sudah didesain tahan api.

Bobot ringan yang dihasilkan dari kostum balap ini di dominasi oleh pemilihan bahan-bahan berkualitas dan ringan, seperti penggunaan ritsleting yang tipis namun memiliki kualitas kuat dan baik. Selain itu, seluruh jahitan yang terdapat pada kostum balap McLaren dan Sparco ini memiliki ukuran ultratipis.

Dipadu penggunaan busa berbahan Nomax pada pergelangan tangan dan pergelangan kaki yang ringan, dan inovasi pengurangan bantalan pada bagian leher dan bahu. Dan bagian yang terpentingnya adalah pemilihan bahan tahan api dua lapis khusus sebagai pelindung utama bagi pembalap yang mengenakannya ketika terjadi kecelakaan.

Kerennya lagi, kostum balap ini dapat dipesan oleh pembalap sesuai dengan keinginannya, dalam kata lain dapat di-custom sendiri sesuai karakter pembalap, untuk mendapatkan kenyamanan saat dipakai kostum balap ini dibuat langsung oleh tangan orang Italia.

Meski diklaim sebagai kostum balap teringan oleh FIA, harga yang ditawarkan untuk Sparco McLaren SP16+ ini sekitar 3.000 USD atau jika dirupiahkan sekitar Rp 43,8 juta. Namun, harga tersebut hanya sebagai patokan harga termurah, masih ada biaya tambahan nantinya untuk aksesori ekstra bila akan dipasangkan.

Juga belum termasuk perlengkap lainnya seperti helm McLaren yang sudah bisa terkoneksi telefon dari Bell, sarung tangan, balaclava (penutup wajah yang digunakan sebelum helm) dan kaos dalam lengan panjang. Dan untuk keseluruhan piranti balap tersebut dapat mencapai Rp 99,2 juta.

Dealer Suzuki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here