Dalam pemaparannya bahwa kendaraan bermesin diesel yang dipasarkan di Indonesia siap menggunakan bahan bakar nabati biodiesel karena sebagian mesin Isuzu menggunakan mesin Common Rail yang sudah menggunakan B20.Foto Koes/Pengendara.com
PT Denka Pratama

Pengendara.com—Dalam pemaparannya bahwa kendaraan bermesin diesel yang  dipasarkan di Indonesia siap menggunakan bahan bakar nabati biodiesel karena sebagian mesin Isuzu menggunakan mesin Common Rail yang sudah menggunakan B20 dalam menyongsong implementasi standar emisi EURO 4 pada tahun 2021 tanpa perlu memodifiksi atau penambahan alat apapun.

“PT IAMI sudah melakukan penelitian dengan mengunjungi Stasiun Pompa Bensin Umum (SPBU) untuk melakukan durability tes engine dengan B20, kemudian dilakukan after inspection test untuk melihat hasil adakah permasalahan dari hasil penelitian,” ujar Attias Asrill, GM Marketing PT IAMI.

Mesin Common Rail merupakan teknologi baru untuk mengatur bahan bakar dengan berbasis elektronik yang dilengkapi Common Rail dan injector dimana teknologi ini di klaim mampu menurunkan emisi, kebisingan, meningkatkan kinerja mesin serta bebas mengendalikan tekanan injeksi sebagai respon terhadap putaran dan beban mesin.

Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mendukung kebijakan Biodiesel B20.Foto Koes/Pengendara.com

Mesin Common Rail tidak membutuhkan pengecekan dan perawatan khusus ketika menggunakan bahan bakar B20. Tetapi cukup dengan melakukan perawatan mesin sesuai buku panduan pemilik kendaraan seperti memeriksa ketinggian oli dengan dipstick pengecekan water sedimentor dan penggantian filter solar secara berkala sesuai buku panduan.

Demikianlah acara diskusi pintar dengan tema “Roadmap Kebijakan Biodiesel Di Indonesia.” yang diselenggarakan di The Hook Resto & Bar jalan Cikatomas II/35, Jakarta Selatan.

Acara Diskusi ini berkat kerjasama dengan Forum Wartawan Otomotif  (FORWOT) bersama PT IAMI.

Dealer Suzuki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here