PT Denka Pratama

Pengendara.com—Sepeda motor sport fairing 150cc memang bukan barang baru di negeri kita. Bahkan sejak era 90-an, di Indonesia sudah beredar Suzuki RGR 150, Yamaha RZR, Yamaha TZM, Honda NSR 150 series dan belakangan Kawasaki Ninja 150 yang saat itu kesemuanya mengusung mesin 2 tak.

Kini kebanyakan motor sport fairing mengandalkan mesin 4 tak dengan suplai bahan bakar injeksi karena alasan aturan emisi yang makin ketat. Walaupun sepeda motor sport fairing 250cc juga sudah cukup lama wara-wiri dimulai dengan Kawasaki Ninja 250 yang diikuti oleh Honda CBR 250R, Yamaha R25 dan Honda CBR250RR. Namun sepeda motor sport fairing 150 tetap tidak ditinggalkan pabrikan maupun pengguna.

Lihat saja, Honda yang mengandalkan CBR series dan Yamaha dengan R15 serta akhirnya Suzuki turun ke gelanggang dengan GSX R150 di segmen ini. Di jalanan, sepeda motor sport fairing 150cc yang berkeliaran dari ketiga pabrikan di atas juga terus bertambah menandakan bahwa memang konsumen masih sangat meminatinya.

Nah, inilah sejumlah alasan mengapa sepeda motor sport fairing 150cc tetap layak dijadikan pilihan.

Honda CBR 150R
  1. Penampilan

Tak bisa dibantah, dibanding sepeda motor sport 150 cc naked, sepeda motor sport fairing 150 menawarkan penampilan yang lebih wah. Body yang tertutup fairing sepenuhnya yang sejatinya diniatkan untuk memaksimalkan aerodinamika ditambah dengan posisi duduk yang racy membuat tampilan sepeda motor sport fairing 150cc sangat sporty.

Apalagi kini pabrikan telah meracik bodywork dan gimmick-gimmick tertentu untuk membuat sepeda motor sport fairing 150cc tak kalah keren ketimbang saudaranya yang berkapasitas mesin 250cc.

Sebagai contoh, lihat saja Yamaha All New R15 yang bodynya dibuat gambot dan berotot. Ditambah suspensi depan upside down dan swing arm aluminum berukuran besar membuatnya tak minder berjajar dengan sepeda motor sport fairing 250cc di parkiran.

  1. Performa

Memang ada perkecualian seperti misalnya Suzuki GSX S150 dan Yamaha All-New Vixion R VVA 6 speed yang menggunakan mesin identik dengan saudaranya yang berfairing. Namun umumnya tenaga yang dihasilkan sepeda motor sport fairing 150cc masih superior dari kebanyakan sepeda motor sport naked dengan kapasitas mesin sama.

Tengok saja, mesin Yamaha All New R15 mampu mengekstrak tenaga 14,2 kW/10000 rpm, mesin Suzuki GSX R 150 menelurkan 14,1 kW/10,500 rpm dan walau menjadi urutan ketiga, mesin Honda CBR 150R masih mampu menghasilkan 12,6 kW (17,1 PS/9.000 rpm). Tentu sudah lebih dari cukup untuk keperluan harian dan masih jauh lebih besar ketimbang rata-rata tenaga maksimal sepeda motor bebek atau matik.

Masih merasa kurang? Tenang! Tersedia berbagai perangkat pendongkrak tenaga mulai dari piggyback, ECU, knalpot dan lain-lain baik sebagai aksesoris resmi yang disediakan pabrikan sampai sodoran produsen aftermarket.

Suzuki GSX R150
  1. Ringan dan Lincah

Sudah barang tentu, dibanding sepeda motor sport fairing 250cc, bobot sepeda motor sport. Misalnya jika Honda CBR 250 RR memiliki curb weight 168 kg (ABS) dan 165 kg (STD), maka Honda CBR 150R berbobot 135 kg. Malahan Suzuki GSX R150 hanya berbobot kosong 131 kg saja, teringan di kelas sport fairing 150cc.

Selain itu dimensi sepeda motor sport 150cc yang masih terbilang kompak juga berimbas pada pendeknya jarak sumbu roda sehingga masih cukup lincah untuk “ditekuk” dalam penggunaan sehari-hari di di perkotaan yang padat.

  1. Handling Presisi

Mesin bertenaga dipadu sasis kokoh dan suspensi mumpuni ditambah posisi riding yang dari lahirnya sudah sporty. Hasilnya bisa ditebak, adalah handing yang presisi. Inilah yang membedakan sensasi mengendarai sepeda motor sport fairing dengan jenis sepeda motor lain semisal bebek, matic, atau naked.

Makanya selain asyik dibawa harian, sepeda motor sport fairing 150cc juga siap diturunkan ke sirkuit untuk track day. Anda dapat memuaskan keinginan untuk cornering karena rancang bangunnya sejak awal sudah pas. Apalagi didukung paket aerodinamika yang n sudah lengkap. Bisa deh sembunyi di balik windshield untuk menggapai top speed.

Yamaha All New R15 digeber Maverick Vinales di sirkuit Sentul
  1. Price Point

Hal menarik lainnya dari sepeda motor sport fairing 150cc adalah harganya terbilang terjangkau. Dengan banderol Rp 30 jutaan saja kita sudah mendapat sepeda motor sport fairing 150cc dalam keadaan baru dan tentunya masih disupport garansi pabrik.

Untuk operasional sehari-hari konsumsi BBM-nya juga masih cukup ekonomis walau pun Anda tentu ingin mengisinya dengan bahan bakar beroktan tinggi. Hal menyenangkan lainnya adalah biaya perawatannya dan pajaknya pun terbilang masih cukup murah dibanding sepeda motor sport fairing 250cc.

 

Dealer Suzuki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here