Foto; Istimewa/Pengendara.com
PT Denka Pratama

Pengendara.com, Jakarta — Melihat wabah virus Corona yang menelan korban jiwa yang tidak sedikit ada upaya pemerintah mengaharuskan seluruh perusahaan mempekerjakan karyawannya dari rumah atau Work From Home agar penyebaran virus ini tidak semakin meluas.

Namun agar tidak membosankan karena terlalu lama di rumah isilah dengan beberapa aktifitas yang bermanfaat salah satunya adalah melakukan perawatan kendaraan terutama pada masalah pengapian yakni Busi yang jarang dilakukan pemeriksaan kecuali pada saat terkena gangguan seperti mogok ketika dalam perjalanan.

Memeriksa kendaraan roda dua memang tidak memerlukan perlengkapan yang lengkap tetapi cukup dengan kunci standar sesuai dengan kendaraan masing masing dibandingkan dengan kendaraan roda empat karena banyaknya kompartemen yang harus dibuka atau dikerjakan.

Dibandingkan dengan kendaraan roda dua, roda empat terlalu banyak kompartemen yang harus dibuka atau dikerjakan. Foto; Istimewa/Pengendara.com Istimewa/Pengendar

Sebaiknya menggunakan kaca pembesar saat melakukan pengecekan busi agar terlihat jelas gejala-gejala seperti carbon fouling, overheat, corona stain, flash over bahkan keausan normal. Sebab secara normal pemakaian busi biasanya akan mengalami pengerakan karbon ataupun tingkat keausan tinggi kalau sudah seperti ini penggantian busi menjadi alternative pilihan yang terbaik dibandingkan membersihkannya.

Sedangkan untuk proses membersihkannya juga perlu memperhatikan beberapa hal, sebab kalau hanya membersihkan kerak kotoran yang menempel cukup menggunakan penetran pembersih kampas rem saja kemudian di bersihkan menggunakan kain, dan tidak disarankan membersihkan menggunakan amplas ataupun benda tajam seperti sikat kawat.

Jika karbon sudah memenuhi seluruh permukaan elektroda dan insulator maka tidak ada jalan lain selain mengganti busi lama dengan yang baru dan itu membantu kita mengembalikan performa busi menjadi seperti baru agar kenyamanan dan keamanan berkendara menjadi lebih terjamin.

Apabila harus mengganti busi baru pastikan untuk menggunakan Busi NGK sesuai kode kendaraan yang kita miliki agar memberikan rasa aman dan nyaman karena siklus pengapian yang sempurna tidak menurunkan kinerja pada mesin kendaraan.

Dealer Suzuki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here