Hari Jatmiko, SSi, dimana akhirnya mencapai puncak tertinggi dalam sebuah klub motor tanah air hingga dilirik bikers mancanegara, foto, Djay/Pengendara.com.
PT Denka Pratama

Pengendara.com—Dragon 76 MC merupakan club motor besar yang memiliki 4 wilayah di luar negeri, termasuk Indonesia. Negeri Jiran, Malaysia menjadi Mother Chapter, diikuti Cambodia dan Saudi Arabia. Tak hanya aktif riding dan touring, Dragon 76 MC juga memiliki kegiatan usaha atau bisnis di kalangan anggotanya sebagai bentuk swadaya dan kemandirian bikers.

“Karena banyak terlibat dalam kegiatan otomotif khususnya roda dua, dan kedekatan dengan sejumlah club luar negeri dalam urusan bisnis, maka Dragon 76 MC Malaysia tertarik untuk membentuk Dragon 76 MC Indonesia Chapter,” kata Hari Jatmiko, SSi yang akrab disapa Bro Miko kepada Pengendara.com di markasnya Ruko Shimphony, Kota Harapan Indah, Bekasi pada Minggu (11/11/2018).

Bro Miko yang kelahiran Kota Pelajar Jogjakarta, 45 tahun, silam ini sejak duduk di bangku SMA sudah akrab dengan komunitas bermotor. Dulunya suka balapan drag race, dengan team balap MotoZ Jogjakarta pada 1989. Kemudian, Bro Miko mencoba peruntungan di Jakarta pada 2012. Di sekitar tempat tinggalnya, di kawasan Harapan Indah Bekasi, dia bergabung dengan komunitas Yamaha Byson Bekasi Club (YBBC) dan menjalin hubungan baik dengan ketua umumnya, Bro Dhink.

Bagi Bro Miko, komunitas bermotor tidak hanya nongkrong, riding, dan touring. namun, bikers harus mandiri dan kreatif. Tercetuslah ide menjalankan kegiatan pelatihan pembuatan detergen atau sabun pembersih kendaraan. Ternyata berjalan sukses dan menarik perhatian komunitas. “Kami berupaya mengubah mindset bikers dan seluruh anggota komunitas dengan membuat kegiatan bisnis yang bermanfaat bagi anggota,” kata Bro Miko.

Selain kegiatan bisnis tersebut, Bro Miko juga menjalankan usaha merchandise yang menjadi perhatian bikers di luar negeri. Tahun 2013, bisnis merchandise yang dimilikinya semakin berkembang, bahkan sejumlah presiden club motor besar luar negeri, seperti Harimau Malaya, Black Hawk, BMW Malaysia, dan V-Riders Malaysia menjadi rekanan bisnisnya. Bro Miko, owner Gazz Collection Indonesia ini pernah beberapa kali mensupport kegiatan otomotif di Malaysia, salah satunya event besar Serawak Bike Week.

Tak hanya event di luar negeri. Bro Miko, ternyata pernah menangani event seperti Gema NKRI tahun 2015, event Sumpah Pemuda, Hari Pahlawan, dan lainnya. Dia pernah mengorganisir 2.800 bikers se-Jabodetabek dalam kegiatan Rolling Thunder City, start dari Taman Makam Pahlawan Kalibata hingga ke Monumen Lubang Buaya. Di era Presiden SBY, Bro Miko bersama para bikers se-Nusantara melakukan gerakan tanggap bencana.

Pada 2016, saat Jakarta Bike Week berlangsung di Senayan, Jakarta, Allan Mor selaku Founder Dragon 76 MC, Malaysia bertemu Bro Miko. Dia mengajak Bro Miko bergabung bersama Dragon 76 MC. Karena kesamaan visi dan misi menjadikan club motor tak hanya sekadar hobi melainkan menjadi peluang bisnis, Bro Miko bersedia menjadi presiden Dragon 76 MC Chapter Indonesia.

Struktur organisasi Dragon 76 MC sesuai standardisasi ada Presiden, Wakil Presiden, Treasurer, Sergeant at Arm, Road captain, Secretary, dan Chief Division, dengan aturan mengikuti anggaran dasar Dragon 76 MC.

“Bikers di negeri kita ini rata-rata bekerja dengan orang lain (karyawan), di mana sewaktu-waktu dapat berhenti, di-PHK, dan bisa tidak memiliki penghasilan. Di sinilah gunanya Dragon 76 MC, sebagai sekoci dengan aktivitas bisnis di kalangan bikers yang mampu memberdayakan bikers itu sendiri dengan kegiatan usaha yang bermanfaat,” kata Bro Miko yang lulusan UGM ini. Bro Miko berharap bikers di seluruh penjuru Indonesia dapat bersatu padu dengan kegiatan yang bermanfaat, cinta negeri, dan mandiri.

Dealer Suzuki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here