Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018, empat anggota Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) yakni Honda, Kawasaki, Suzuki, dan Yamaha langsung menunjukkan produk-produk teranyar mereka.
PT Denka Pratama

Pengendara.com – Pada pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018, empat anggota  Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) yakni Honda, Kawasaki, Suzuki, dan Yamaha langsung menunjukkan produk-produk teranyar mereka. Keempat APM tersebut yakni memamerkan beragam kendaraan roda dua berteknologi modern sesuai dengan tema “Indonesia Future Technology.”

PT Astra Honda Motor (AHM) yang mengusung tema “Do The Impossible” pada IMOS 2018, menghadirkan kembali produk baru yang sebelumnya telah diluncurkan di pameran GIIAS 2018 bulan Agustus silam. Kali ini, AHM lebih menonjolkan sisi edukasi produk, teknologi, dan inovasi yang dimiliki oleh Honda dalam berbagai produk sepeda motor, berhasil membuat konsumennya menjadi tak terbatas di setiap aspek kehidupannya.

“Kami berusaha berbagi inspirasi tidak hanya melalui produk, tapi juga beragam acara dan kegiatan positif yang akan menghibur pengunjung IMOS. Kami juga adakan safety riding campaign dan menghadirkan mereka yang berhasil mempersembahkan pride to the nation dan menginspirasi banyak orang,” papar Thomas Wijaya, selaku Marketing Director PT Astra Honda Motor (AHM).

Beberapa produk dari booth Honda yang cukup menyita perhatian pengunjung antara lain skutik sport bongsor Honda X-ADV, Honda Forza 250, Honda Cub C125, Neo Sport Cafe Racer, dan Honda Monkey, yang merupakan motor mungil ikonik. Honda Monkey diproduksi pertama kali pada 1963 dan kini dihadirkan kembali dengan teknologi lebih modern.

Sementara itu, booth PT Kawasaki Motor Indonesia membawa seluruh line-upnya. Motor-motor Kawasaki yang dipamerkan oleh KMI antara lain Ninja 250 Series dan W Series (W175, W250, dan W800). Bagi pecinta adventure, terdapat seri D-Tracker dan KLX dengan warna dan grafis yang baru. Pada seri Z, KMI memajang Z125 Pro, Z250, Z650, Z900, dan Z900RS serta Z900RS Cafe. Seperti biasanya, KMI juga menyediakan Executive Lounge untuk konsumen kawasaki yang datang membawa STNK Kawasaki-nya.

Pengunjung dapat duduk santai dan menikmati free food & beverage. Lounge ini juga dapat dinikmati oleh pembeli motor kawasaki atau pembeli apparel dan merchandise Kawasaki di IMOS sejumlah minimal Rp 250.000. PT Kawasaki Motor Indonesia juga meluncurkan produk baru dari varian Ninja Series. Selain Kawasaki ZX-6R, PT Kawasaki Motor Indonesia juga meluncurkan varian Ninja 250 model tahun 2019. Varian baru Ninja Series ini sudah siap dijual di dealer resmi Kawasaki pada bulan Januari 2019.

“Ninja 250 hadir lagi dengan fitur terbaru, yaitu Smart Key, yang memberikan efisiensi kepada penggunanya. Pembaharuan terus kami lakukan dan kami hadirkan ke Indonesia agar konsumen semakin nyaman saat mengendarai Ninja 250. Dari segi power, Ninja 250 masih menjadi yang terbesar di kelasnya, yaitu 39 PS,” ucap Michael C. Tanadhi sebagai Head Sales & Promotion.

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) juga tidak mau kalah untuk menghadirkan lini produk terbaru mereka. Selain Bandit yang baru saja dikenalkan, Suzuki menghadirkan produk terbaru dan modifikasi di booth bertema “Have Fun With Suzuki Technology”. Suzuki memanfaatkan momen IMOS 2018 untuk menghadirkan seluruh line-up model seperti GSX-R150, GSX-S150, GSX150 Bandit, Satria F150, NEX II dan Address FI. Di penghujung tahun 2018 ini, Suzuki memberikan penambahan fitur keamanan terbaru yang bermanfaat bagi keselamatan pengendara dengan meluncurkan varian produk terbaru yaitu Suzuki GSX-R150 ABS.

“Kami rasa Suzuki GSX-R150 sudah cukup eksis dan dikenal publik sebagai motor sport 150cc terkencang di kelasnya. Sebagai bentuk kepedulian terhadap keamanan dan keselamatan para pengguna produk kami, Suzuki menambahkan fitur Anti-Lock Braking System atau lebih dikenal dengan ABS. Fitur keselamatan ini sebelumnya sudah diaplikasikan di berbagai motor besar Suzuki yang ada di seluruh dunia. Maka dari itu, kami yakin untuk memberikan fitur terbaik dan fungsional bagi konsumen kami,” ujar Yohan Yahya, Sales & Marketing 2W Department Head PT.SIS.

Selain memajang produk baru, Suzuki menggelar beragam aktivitas menarik seperti games, kompetisi maupun hiburan sepanjang IMOS 2018. Pengunjung IMOS 2018 yang melakukan pembelian unit di booth motor Suzuki juga bisa memperoleh beragam keuntungan seperti Trade For Upgrade, tiket nonton pertandingan AFF, serta stylish merchandise lainnya yang dapat diperoleh secara langsung.

Di booth Yamaha, pengunjung dapat menikmati sajian seluruh model sepeda motor terbaru dari pabrikan berlogo garpu tala ini. Selain itu, Yamaha membawa serangkaian produk terbaru yang telah hadir sebelumnya. Tidak hanya itu, PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) juga secara resmi meluncurkan motor terbarunya, yaitu Yamaha FreeGo.

“Yamaha selalu menciptakan kategori baru dengan mendengarkan masukan dari konsumen. Konsumen saat ini menginginkan sepeda motor yang irit dan keren tetapi tetap nyaman. Untuk itu dengan bangga kami memperkenalkan Yamaha Freego, The Amazing Matic,” ujar Minoru Morimoto, Presiden Direktur & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Indonesia (YIMM).

Yamaha FreeGo mengedepankan tiga (3) fitur “Amazing”, yaitu Amazing Function, Amazing Sensation, dan Amazing Core Engine. Yang pertama, Amazing Function, Yamaha FreeGo mengedepankan bagasi motor yang besar, dengan ukuran 25 liter yang lebih besar dari Yamaha NMAX. Selanjutnya ada Smart Front Refuel yang membuat Yamaha FreeGo memiliki tutup tangki yang berada di posisi depan sehingga konsumen tidak perlu membuka jok. Kemudian memiliki ukuran velg 12 inchi, ban tubeless, dan tapak yang lebar sehingga membuat motor lebih stabil. Tidak hanya itu, Yamaha FreeGo juga memiliki jok panjang yang berukuran 895 mm, dan memiliki ruang kaki yang luas dan leluasa.

Beragam Acara Menarik

Selain menghadirkan produk terbaru dari produsen sepeda motor, pameran IMOS 2018 juga menyediakan IMOS Inspiration Corner, yaitu area khusus yang memamerkan hasil modifikasi para brand motor peserta IMOS 2018. Yang tak kalah seru adalah Safety Riding Course, yang diselenggarakan pada pukul 14.00 – 15.00 dan 16.00 – 17.00 (30 menit teori, 30 menit praktek).

FIFGROUP sebagai Platinum sponsor di IMOS 2018 memberikan program sebagai cerminan dari Misi milik FIFGROUP, yaitu Membawa Kehidupan yang Lebih Baik untuk Masyarakat. Oleh karena itu FIFGROUP dengan 4 lini bisnisnya (FIFASTRA, SPEKTRA, DANASTRA, AMITRA) bersama PT Astra Welab Digital Arta (AWDA) dengan produknya Maucash hadir di IMOS 2018 guna memberikan kemudahan dalam beragam bentuk solusi pembiayaan dan juga layanan produk.

“Sumbangsih kami sebagai sponsor platinum merupakan pertama kali bagi FIFGROUP di acara IMOS ini. FIFGROUP ingin mendukung perkembangan industri otomotif nasional khususnya kendaraan roda dua. Oleh karena itu, FIFGROUP hadir dengan menawarkan berbagai solusi pembiayaan melalui ragam layanan alam lini bisnis yang FIFGROUP miliki,” tutur Margono Tanuwijaya, Presiden Direktur PT Federal International Finance.

Pimpinan dari masing-masing Line of Business FIFGROUP dan AWDA menjelaskan program sinergis yang telah dirancang khusus untuk IMOS 2018. Margono Tanuwijaya selaku Presiden Direktur PT Federal International Finance didampingi oleh Antony Sastro Jopoetro – Direktur Marketing FIFGROUP, Ardian Prasetya – Direktur Utama SPEKTRA, Lie Kristian – GM FIFGROUP, Inung Widi Setiadji – Direktur Utama AMITRA, Yulian Warman, Chief of Corporate Communication & EHSSR, dan Rina Apriana – Presiden Direktur AWDA.

Pertamina Lubricants sebagai Gold Sponsor sebagai komitmennya untuk terus membangun sinergi yang baik dengan para pemilik outlet dan mekanik meluncurkan POWER (Pertamina Owner dan Mechanic Reward), sebuah aplikasi berbasis android yang dapat digunakan oleh
pemilik outlet dan mekanik sebagai medium untuk mendapatkan seluruh informasi program promo yang ditawarkan Pertamina Lubricants untuk mereka.

“PT Pertamina Lubricants terus melakukan akselerasi bisnis melalui transformasi digital sebagai upaya untuk beradaptasi dengan perubahan pasar dan perkembangan teknologi. Saat ini, outlet, baik pemilik maupun mekanik dituntut untuk menjadi tech/digital savvy dalam membangun bisnis agar semakin maju. POWER adalah salah satu betuk digitalisasi proses bisnis untuk memperkuat engagement dengan bengkel secara real time,” tutur Andria Nusa, selaku Direktur Sales & Marketing PT Pertamina Lubricants.

Dengan aplikasi POWER, proses komunikasi antara Pertamina Lubricants dan para mekanik dan pemilik bengkel menjadi lebih cepat dan tepat. POWER mempermudah perusahaan untuk mengetahui Outlet Profile dan mendapatkan laporan penjualan secara rinci. Selain itu, pemilik bengkel dan mekanik juga dapat mengetahui seluruh program-program partnership promo internal yang menguntungkan outlet, contohnya program cutting label botol pelumas yang biasa menggunakan cara manual kini menggunakan sistem digital point collecting melalui scan QR code botol pelumas.

Nantinya setelah poin tercukupi, para mekanik berkesempatan untuk mendapatkan reward berupa hadiah menarik, antara lain sepeda motor, perlengkapan elektronik, dan voucher belanja. Seiring dengan semangat Adventure, booth PT Pertamina Lubricants dikemas dengan sentuhan teknologi digital yang menampilkan foto 180, dan promo melalui aplikasi digital dengan hadiah utama satu unit sepeda motor.

IMOS 2018 yang digelar di Assembly Hall, Plenary Hall dan Main Lobby JCC dengan menempati lahan seluas 10.500 meter persegi (indoor dan outdoor), dibuka setiap hari mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB. Harga tiket tanda masuk per orang adalah Rp 20.000,- (dua puluh ribu rupiah) untuk hari Rabu – Kamis, sedangkan pada hari Jumat – Minggu dibanderol seharga Rp 30.000,- (tiga puluh ribu rupiah). Pada hari terakhir penyelenggaraannya, IMOS mengadakan undian tiket yang berhadiah total 4 sepeda motor dari Honda, Suzuki, Kawasaki, dan Yamaha. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan bermotor diharapkan membawa kartu.

Dealer Suzuki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here