Group Head of Corporate Communication Wahana, Taryudin, Head of Part Main Dealer, Carlos Sanusi, Chief Marketing Officer, Edi Setiawan, dan Head of Staff, Ricky Zulkarnaen, dan Dealer Head Development, Anton foto bersama dengan salam satu jari khas Honda One Heart, di hadapan media selepas acara prees conference yang menjelaskan beragam pertumbuhan bisnis Wahana Artha Group di bidang main dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati, bisnis retail sepeda motor, bisnis customer loyalty, transportasi logistik, hotel hingga food and beverage. Foto: WMS/Pengendara.com.
PT Denka Pratama

Pengendara.com—Apresiasi kepada media massa sekaligus pemaparan keberhasilan dan rencana bisnis kedepan, Wahana Artha Group undang media dalam kegiatan ramah tamah awal tahun yang di gelar di Gedung Wahana Artha, Jl. Gunung Sahari Jakarta Pusat, Rabu (16/01) dengan tema Press Conference Wahana 2018, ‘Catatan Positif Bisnis Wahana Berkat Kepercayaan Konsumen dan Dukungan Media’.

Acara rutin tahunan ini merupakan bentuk pengangkraban diri antara manajeman Wahana Artha Group dan jurnalis yang selama ini dukung perjalanan bisnis dalam bentuk publikasi positif. Dihadiri puluhan jurnalis oleh media cetak dan online tersebut dapat bertatap muka langsung dengan jajaran manajeman Wahana Artha Group mulai dari direksi, general manager, hingga jajaran function head dari berbagai bidang bisnis yang dimiliki oleh group yang tahun ini memasuki usia ke 47 tahun pada Agustus mendatang.

“ Agenda rutin ini adalah upaya untuk mengakrabkan media dengan jajaran manajeman grup kami. Pada kesempatan ini seluruh jajaran manajeman hadir mewakili setiap lini bisnis yang yang ada,” jelas Group Head of Corporate Communication Wahana Artha Group, Taryudin.

Sejak lahir pada 47 tahun yang silam tepatnya pada Agustus 1972, kini Wahana Artha Group terus tumbuh semakin besar. Adapun perusahaan yang tergabung dalam induk usaha bernama PT. Wahana Artha Harsaka (WAH) diantaranya Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS), PT. Wahana Artha Ritelindo (WARI) usaha di bidang ritel penjualan sepeda motor Honda, PT. Wahana Kalyanamitra Mahardhika (WKM) yang mengurusi customer loyalty, PT. Tristar Transindo (Tristar) lini usaha di bidang transportasi logistik, PT. Sahari Multi Investama (SMI) anak usaha di bidang perhotelan, PT. Kyochon Indonesia selaku pemegang master franchise restoran ayam goreng khas korea, serta perusahaan afiliasi di bidang multifinace, WOM.

“Tahun 2018 jadi satu momen terbaik bisnis Wahana Artha Group. Dengan beragam prediksi kurang baik, namun kami dapat berkembang positif,” papar Chief Marketing Officer, Edi Setiawan. Dijelaskannya lebih jauh, perkembangan positif terjadi pada bisnis utama Wahana Artha Group, Main Dealer sepeda motor Honda Jakarta Tangerang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS).

WMS mendata sepanjang 2018 mampu pasarkan beragam produk Honda untuk pasar Jakarta Tangerang hingga 401.500 unit (all type). Total penjualan tersebut, tipe AT jadi penyumbang terbesar penjualan hingga 370.300 unit, disusul tipe Sport sebanyak 15.600 unit dan tipe Cub 15.520 unit. Angka ini membuktikan terkait kepercayaan konsumen dengan beragam produk yang di pasarkan Honda dan tentu saja hasil publikasi positif media terkait produk yang beredar luas di masyarakat.

Tidak hanya produk terbaik untuk konsumen, layanan after sales juga menjadi perhatian khusus. Dengan kekuatan 334 Astra Honda Authorized Service Station (AHASS), Wahana mampu berikan layanan after sales hingga 5,1 juta unit sepanjang 2018. Peminat Honda BigBike ataupun unit CBU, jaringan AHASS juga siap berikan layanan yang prima dengan melengkapi special tools untuk tipe Honda BigBike dan unit CBU di dealer BigWing dan dealer Wing. Maksimalkan pelayanan pada konsumen Wahana juga miliki layanan mobile service ‘Semok’ (Service Motor Keliling) serta layanan HELP (Honda Peduli Layanan Pelanggan).

Seiring dengan semangat korporat “ Be A Dahsyat and Green Wahanian”, Wahana tangani limbah AHASS sesuai dengan prosedur dan ditangani oleh lembaga yang telah tersertifikasi. Tidak hanya AHASS, Wahana Artha Group juga ikut gaungkan peduli lingkungan. Pemanfaatan lahan gedung Wahana bangun taman hydroponic yang bermanfaat untuk penghijauan dan karyawan dengan menanam beberapa tanaman konsumsi di Wahana Gunung Sahari, Distribution Center Jatiasih Bekasi, dan Distribution Center Jatake Tangerang. Lainnya, karyawan kini juga mulai dihimbau untuk menggunakan peralatan yang lebih ramah lingkungan seperti pengurangan penggunaan plastik di kantor.

Sama positif dengan WMS, PT. Wahana Artha Ritelindo, lini bisnis yang ‘bermain’ di ritel sepeda motor Honda skala nasional kini telah memiliki 29 cabang yang berada di pulau Sumatera, Jawa, dan Sulawesi. Sepanjang 2018 WARI mendata telah berhasil menjual produk motor Honda hingga 53.500 unit (AT, Cub, Sport). Melihat perkembangan konsumen yang potensial, pada tahun 2019, WARI rencanakan untuk memperluas wilayah penjualan dengan menambah 5 outlet baru di berbagai daerah di Indonesia.

Didirikan untuk memperlancar distribusi unit sepeda motor Honda dijaringan dealer Jakarta dan Tangerang, Wahana Artha Group miliki anak usaha yang bergerak dibidang transportasi logistik. Selain memperkuat bisnis sepeda motor Honda di Jakarta dan Tangerang, PT. Tristar Transindo (Tristar) juga ‘garap’ mitra potensial yang memerlukan jasa pengangkutan. Memiliki dua pool armada, saat ini Tristar tumbuh makin besar dengan miliki beragam layanan bagi konsumen. Tristar saat ini diperkuat dengan 133 unit motor carrier, 98 unit car carrier, 78 unit truk box cargo hingga armada mobil dan motor untuk skala korporat.

Bisnis besar yang dijalankan ini memerlukan penanganan konsumen secara tepat. Memfasilitasi serta berikan layanan terbaik bagi konsumen, Wahana Artha Group bangun usaha yang bertugas untuk menjamin kualitas customer loyalty lewat PT. Wahana Kalyanamitra Mahardhika (WKM). Saat ini, WKM miliki member aktif hingga 500.000 peserta. Ikuti perkembangan digitalisasi permudah konsumen, WKM juga kembangkan platform digital dengan aplikasi bernama Wahana Honda dengan beragam layanan seperti asuransi kecelakaan diri, layanan emergency teknis Wahana HELP (Honda Emergency Layanan Pelanggan), hingga diskon menarik di beragam merchant rekanan.

“Selain serius di bisnis otomotif roda dua Honda, Wahana Artha Group kini juga miliki bisnis dilini Hospitality, food and beverage,” tambah Edi Setiawan. Adapun kedua bisnis tersebut adalah PT. Sahari Multi Investama (SMI) yang jalankan bisnis perhotelan dan PT. Kyochon Indonesia selaku pemegang master franchise untuk restoran khas ayam goreng Korea.

PT. Sahari Multi Investama saat ini miliki 7 hotel meliputi Amaris Bogor Pajajaran, Santika Kelapa Gading, Santika Banyuwangi, Santika Pekalongan, Santika Sriwedari Solo, Santika Radial Palembang dan Hotel Yello Manggarai. Selain serius garap hotel, SMI juga bangun penginapan jenis Hostel dengan nama Temmu co-Living yang berlokasi di Bandung yang aktif akhir Januari ini.

Sedangkan PT. Kyochon Indonesia, pemegang master franchise restoran ayam goreng khas Korea di Indonesia saat ini telah miliki 7 outlet yang tersebar di berbagai pusat belanja di Jakarta yaitu Pacific Place, Kota Kasablanka, Mall Kelapa Gading, Gandaria City, PIK Avenue, Pondak Indah Mal 1, dan Hermina Tower. Kyochon juga dapatkan berkah tersendiri, pasalnya fanatisme kaum muda terhadap budaya Korea di Indonesia berimbas pada perkembangan restoran Kyochon. Rencananya, tahun ini Kyochon menambah outlet delivery dan fasilitas food truck.

Sementara itu, tidak hanya sekedar berbisnis, Wahana Juga aktif di beragam kegiatan sosial yang masuk dalam kegiatan Corporate Social Responsibilty (CSR) dan Yayasan Wahana Artha. Kegiatan sosial tersebut diantaranya tertuang dengan pembangunan 53 SMK Teknik dan Bisnis Sepeda Motor Binaan Wahana Honda, Rumah Sehat di Jatake Tangerang, dan beragam kegiatan mulai pembangunan sekolah, bantuan kesehatan dengan ratusan ribu penerima manfaat setiap tahunnya.

“Terima kasih kepada media yang selama mendukung bisnis Wahana dengan publikasi positif. Dukungan ini setidaknya mampu menjadi barometer kepercayaan masyarakat dan konsumen pada setiap lini bisnis dan layanan yang dimiliki,” tutup Edi Setiawan.

Dealer Suzuki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here