Aswari Rivai penggemar Offroad./Foto FB/Pengendara.com
PT Denka Pratama

Pengendara.com—Bupati Kabupaten Lahat H. Saifudin Aswari Rivai SE yang akrab disapa Kak Wari menjelaskan keberadaan Sirkuit Manggul di Lahat, Sumatera Selatan tidak hanya untuk melengkapi sarana dan prasarana olahraga otomotif semata.

Sirkuit Manggul di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan menjadi venue balapan berstandar nasional./Foto Pengendara.com.

“Sirkuit Manggul juga menjadi salah satu akselerator perekonomian daerah. Dengan adanya sirkuit ini, diharapkan akan banyak orang dari berbagai daerah di seluruh Indonesia, bahkan luar negeri berkunjung ke Lahat untuk menyaksikan beragam event balapan dan otomotif,” kata Kak Wari kepada Pengendara.com.

Biasanya dalam setiap event otomotif yang meriah, hotel-hotel di Lahat akan penuh. Para penonton, pengunjung, para peserta balap, dan kru yang stay di Lahat, setelah kegiatan dapat sekalian berwisata, mulai dari wisata air terjun, situs megalitikum, menikmati rafting di sungai, dan sebagainya.

Podium Sirkuit Manggul, Lahat, Sumatera Selatan./Foto Pengendara.com

Warga masyarakat Lahat juga akan menikmati dampak positif dari kunjungan para wisatawan ke Lahat ini. Kabupaten Lahat akan semakin menarik minat para investor untuk turut menanamkan modalnya, mengembangkan, dan memajukan daerah Lahat.

Sirkuit multifungsi yang berlokasi di kawasan Manggul ini dibangun di atas tanah seluas 10,5 hektare. Panjang lintasannya sejauh 1,6 kilometer dengan varian trek antara 12 hingga 18 meter dan memiliki trek lurus sepanjang 400 meter.

Kak Wari gokart di waktu luang di Sirkuit Manggul, Lahat./Foto FB/Pengendara.com

Disebut Multifungsi karena sirkuit ini dapat digunakan untuk beraneka event seperti Road Race, Drag Bike, Drag Race, Slalom, Drifting, Gokart, dan Supermoto. Sirkuit Manggul memiliki standard safety untuk balapan.

Pembangunan sirkuit ini dilakukan oleh pihak swasta. Jadi, sama sekali tidak menggunakan dana pemerintah.

“Sirkuit dibangun untuk memfasilitasi bakat anak-anak muda yang hobi otomotif, khususnya balapan. Mereka dapat menyalurkan hobi balapan, bahkan menjadi pembalap profesional dan berprestasi di sirkuit ini. Sekarang. kalau mau kebut-kebutan ada tempatnya di sirkuit ini, bukan di jalanan umum,” kata Kak Wari.

Paddock Area di Sirkuit Manggul, Lahat/Foto Pengendara.com

Sirkuit Manggul memiliki fasilitas pendukung yang cukup lengkap di antaranya, 12 Paddock, area Warming-up, sebuah Podium Eksklusif Utama untuk standing para juara, ruang VIP, dan space khusus bagi para wartawan untuk meliput setiap jalannya event.

“Fasilitas penunjang lainnya masih terus dibangun dan disempurnakan di antaranya, podium untuk penonton, Cafe, Mushola, tiket,  dan area parkir, yang akan membuat penonton lebih aman dan nyaman,” kata Indera, mewakili management pengelola Sirkuit Manggul.

Team Balap saat mengikuti Road Race di Sirkuit Manggul, Lahat, Sumatera Selatan./Foto Pengendara.com

“Tim balap bisa menginap di paddocknya masing-masing, jadi tidak perlu menyewa hotel. Fasilitas akan kita lengkapi dan terus bangun, sehingga Sirkuit Manggul ini menjadi kebanggaan Lahat,” ungkap Indera.

Sirkuit Manggul Lahat telah diresmikan secara soft launching dalam rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun Lahat Ke-148 pada Sabtu 20 Mei 2017 lalu.

Kejuaraan Road Race di Sirkuit Manggul, Lahat, Sumatera Selatan./Foto FB/Pengendara.com

Saat itu, lebih dari 6.000 penonton, mayoritas warga masyarakat Lahat memadati event perdana Road Race Open Championship bertajuk Road to Professional Racers yang menerjunkan 19 kelas, dan diikuti 396 starter yang tidak hanya berasal dari Lahat dan Sumatera Selatan, namun juga dari Jakarta dan Jawa Barat.

Di Sirkuit Manggul, pada 26-27 Agustus 2017 akan berlangsung Drag Bike dan Drag Race Competition 2017 yang juga akan menyedot perhatian banyak orang berkunjung ke Lahat untuk menyaksikan event tersebut.

Selesai. Ikuti terus tulisan serial lainnya, hanya di Pengendara.com

Dealer Suzuki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here