Knalpot R9 RCB ini banyak keunggulannya.Foto Abdi/Pengendara.com
PT Denka Pratama

Pengendara.com–Knalpot mempunyai fungsi sebagai tempat pembuangan sisa gas yang dihasilkan dari pembakaran mesin. Selain itu muffler juga sebagai peredam suara mesin. Atau bahkan bisa juga meledakan bahan bakar kendaraan untuk diubah agar menghasilkan tenaga gerak.

Nah, knalpot racing tentunya dipergunakan untuk menambah dan menghasilkan tenaga gerak yang lebih mumpuni. Bahkan ada juga dipasangnya knalpot racing hanya untuk gaya, agar knalpot yang dimiliki berbeda dengan knalpot lainnya.

Lalu yang menjadi pertanyaan kami adalah, bagaimanakah merawat knalpot racing R9?

Untuk menjawab pertanyaan kami itu, kami menanyakannya kepada Achib Putro, Manager Marketing PT Enwan Multi Partindo.

Menurutnya, melakukan perawatan knalpot racing sangatlah mudah dan tidak memakan waktu yang lama. Cukup dibersihkan dengan air bersih.

Nah, bila Anda mempunyai waktu untuk konsentrasi merawat knalpot silakan ikuti tips merawat knalpot racing R9.

Rutin Bersihkan
Knalpot juga harus rutin dibersihkan dengan seksama. Perhatikan beberapa bagian penting knalpot, salah satunya adalah leher knalpot. Sebab, bagian ini merupakan daerah yang paling rawan kerak atau bahkan karat.

Wajar, sebab, karat bisa dibilang sebagai musuh utama dari beberapa komponen kendaraan karena sifatnya yang ‘merusak’. Itu sebabnya, jika Anda menemukan kerak di bagian leher knalpot R9, segera gunakan sikat kawat dan gosok secara perlahan untuk membersihkannya. Setelah kotoran habis, Anda bisa membilasnya dengan air bersih.

Jika Anda berkendara saat hujan, sebaiknya segera cuci motor dan bersihkan knalpot tersebut setelah selesai menggunakannya. Dengan melakukan langkah ini, umur knalpot racing R9 Anda akan jadi lebih awet.

Knalpot R9 Falcon Titanium di booth RCB.Foto Abdi/Pengendara.com

Knalpot R9 Falcon

Berkaitan dengan ini, launching knalpot R9 Falcon Titanium di booth RCB, saat di IIMS MotoBike Expo. R9 Falcon Titanium ini mempunyai kelebihan dari knalpot lainnya.

“Keunggulan knalpot R9 Falcon yang pasti silincer berbahan titanium, walaupun pipanya masih stainless. Tetapi dengan silincer dari titanium saja sudah bisa memotong 30 persen dari berat yang ada. Otomatis untuk menopang berat knalpot, motor juga menjadi lebih ringan. Silincer terbuat dari tianium juga menciptakan warna biru yang khas. Gak semua material bisa keluar warna seperti itu,” ungkap Achib Putro.

Tidak hanya itu fitur unggulannya. R9 Falcon ini dapat meningkatkan performa serta akselerasi motor Anda. Dengan memasang knalpot R9 Falcon ini, geberan motor bisa bertambah tenaganya sekitar 0,5 hingga 1 hp.

Keistimewaan lainnya yang patut dibanggakan adalah Anda dapat memasang ataupun tidak DB killer. Tergantung selera mereka masing-masing.

“Knalpot racing pastinya suara ngebas bulat, kemudian bisa pakai DB killer untuk suara yang lebih low,” jelasnya.

Knalpot R9 Falcon juga merupakan salah satu produk dalam negeri. Produksinya dilakukan di Cikupa, Tangerang.

Dealer Suzuki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here