Foto; Koes / Pengendara.com
PT Denka Pratama

Pengendara.com, Jakarta — Becak yang merupakan alat transportasi tradisionil ikut di tampilkan di ajang Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) Motorbike Expo 2019 yang berlangsung di  Istora Senayan Jakarta pada tanggal 29 November – 1 Desember 2019.

Kehadirannya di booth Perusahaan Listik Negara (PLN) merupakan prototype becak listrik yang dibuat bapak Wiwien Vegas yang berasal dari Kricak,Jogjakarta, dimana becak listrik ini dibuat karena terinspirasi saat melihat orang tua yang menggayuh becaknya dengan susah payah dalam mencari nafkah, sehingga timbul keinginannya untuk menciptakan alat yang dapat mempermudah para penggayuh becak tersebut.

Becak elektrifikasi yang digerakan motor listrik 1000 watt, 48 DC ini mampu menampuh jarak sekitar 35 Km dengan kecepatan maksimal 25 km/jam mampu mengangkut beban seberat 250 kg. Foto; Koes / Pengendara.com

Becak elektrifikasi yang ditampilkan menggunakan gardan pada roda depannya yang digerakan motor listrik 1000 watt, 48 DC tetapi pedal dan rantai penggerak roda belakang masih tersedia. Motor depannya memanfaatkan sensor crank untuk aktivasinya. Becak ini mampu menampuh jarak sekitar 35 Km dengan kecepatan maksimal 25 km/jam dan mampu mengangkut beban seberat 250 kg.

Untuk merubah satu unit becak manual menjadi becak listrik dibutuhkan waktu sekitar satu setengah bulan dengan tingkat kesulitannya ada pada sistim pengereman, sementara biaya yang dibutuhkan untuk merubah becak manual menjadi listrik bisa menghabiskan anggaran sekitar Rp 17,5 juta.

Wiwien Vegas di acara talkshow di ajang Indonesia Internasional Motor Show (IIMS) Motorbike Expo 2019 yang berlangsung di Istora Senayan Jakarta pada tanggal 29 November – 1 Desember 2019. Foto; Koes / Pengendara.com

Dengan berbekal kemampuan dan kegemarannya dengan teknologi Wiwien Vegas lelaki asal Yogjakarta ini memberanikan diri untuk membuat Mobilijo nama bengkel custom kendaraan listriknya yang sudah mengerjakan otopet listrik, sepeda listrik, becak listrik dan mobil listrik yang minimalis sejak tahun 2010.

Harapan kedepannya semoga  hasil karya ini bisa bermanfaat bagi penarik becak lainnya terutama becak yang masih digunakan sebagai mata pencaharian dan mendapat perhatian dari lembaga terkait agar mau membantu dan mensubsidi dirinya dalam mengkonversi becak yang masih menggunakan tenaga manusia menjadi listrik.

Dealer Suzuki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here