Array

Ini Pemenang AHMBS Ke-15

Pengendara.com—Astra Honda Motor Best Student (AHMBS) 2018 ini merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) dengan memberikan apresiasi terhadap pelajar berprestasi se-Indonesia.

Melalui program ini PT Mitra Pinasthika Mulia (MPM), distributor sepeda motor Honda wilayah Jatim dan NTT berharap dapat berpartisipasi melahirkan pelajar yang berprestasi di bidang akademis dan non akademis. Memasuki tahun penyelenggaraan ke-15, AHMBS kini menjadi kompetisi bergengsi antar pelajar yang paling ditunggu-tunggu setiap tahun.

Tahun ini, AHMBS mengangkat tema The Millennial Race of Young Entrepreneur yang mencerminkan ketatnya kompetisi antar generasi milenial dalam mengoptimalkan potensi kewirausahaan yang dimiliki. Sesuai karakter anak muda terkini, para peserta kompetisi tahun ini didorong untuk memaksimalkan kreativitas dan pemanfaatan dunia digital dalam memajukan usahanya.

Mengeksplorasi potensi bakat siswa./Foto Dok MPM/Pengendara.com

Untuk wilayah Jawa Timur seleksi bagi para pelajar SLTA di seluruh Indonesia ini mulai dibuka pada Februari hingga Mei 2018.  Seleksi AHMBS wilayah regional Jatim dilaksanakan di MPM Learning Centre – Sedati pada tanggal 28-29 juni 2018. Diikuti oleh 20 kandidat peserta AHM Best Student yang terpilih dari 85 karya bisnis yang dikirimkan , Dari 20 kandidat tersebut akan dipilih 3 orang untuk menjadi juara 1–3. Juara pertama dari kontes regional inilah yang akan mewakili Jawa Timur di tingkat Nasional pada bulan Agustus 2018 di Jakarta.

Seleksi semakin ketat seiring dengan penilaian secara menyeluruh terhadap kemampuan wirausaha muda ini dalam mengelola bisnisnya dari aspek pemasaran, keuangan, operasional, dan SDM. Mereka pun juga harus mampu menyusun sistematika proposal bisnis secara jelas dan terperinci yang menggambarkan model bisnis kepada para calon investor dalam simulasi bisnis.

Corporate Secretary Head, Vinensia Kenanga mengatakan dengan adanya kompetisi AHMBS ini diharapkan dapat menjadi wirausaha muda dan kreatif sehingga tidak hanya dapat berguna bagi diri sendiri tetapi juga berguna bagi lingkungan sekitarnya.

“Bukan hanya beasiswa yang diberikan untuk para juara, namun juga nantinya diberikan pembinaan selama dua hari mengenai cara presentasi karya ilmiahnya dengan penuh kesiapan dan percaya diri. Harapannya pembinaan ini dapat menjadi bekal siswa dalam mempersiapkan diri sebagai calon juara dan calon pemimpin masa depan,” tutur Vinensia.

Program ini tidak sekadar memberikan beasiswa tetapi juga melakukan kegiatan pelatihan untuk masa depan siswa-siswi. Dengan materi agenda seleksi akhir seperti presentasi makalah juga ada sharing dari pengusaha muda yaitu owner itsbanachips anggota dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI ) Surabaya, diharapkan siswa-siswi terbaik ini bisa mengambil pelajaran dari sharing yang disampaikan.

Pemenang AHMBS 2018 Seleksi Regional Jawa Timur

Juara 1: Azizatus Sakdiyah, SMK Turen Malang. Judul makalah D’Wizal lampion inovasi Limbah kaca Sebagai Upaya peningkatan Nilai Jual Barang Bekas Serta membangkitkan Jiwa Wirausaha Siswa SMK (STM) Turen.

Juara 2: Joko Wardoyo, SMKN 1 Bendo Magetan. Judul makalah Wirausaha Predator sebagai upaya usaha mandiri

Juara 3: Aliffian Nisa Cholida, SMAN 1 Batu. Judul makalah Legen Aneka Olahan Buah Dan Daun Murbei sebagai udaha kreatif dan inovatif generasi milenial

Ahmad Djainudin

Latest Posts